BAIT Ministry

Selasa, 05 September 2023

Gideon - Bukan Karena Keperkasaan


 "Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN! " Yeremia 17:7

                                                                                                                                                                    


D

i beberapa kesempatan Tuhan membiarkan bangsa Israel ditindas dan menderita, bahkan Tuhan membantu musuh untuk mengalahkan Bangsa Israel.  Mengapa Tuhan membiarkan Bangsa Midian menjajah, bahkan menindas Bangsa Israel ? "Tetapi orang Israel melakukan apa yang jahat di mata TUHAN; sebab itu TUHAN menyerahkan mereka ke dalam tangan orang Midian, tujuh tahun lamanya,"(Hakim-hakim 6:1)

Gideon hidup di mana bangsa Israel sedang dijajah oleh bangsa Midian.  Menghadapi masalah masalah ini, orang Israel mencoba untuk mencari jalan keluar. Mereka mencoba mencari solusi dengan mengandalkan kekuatan manusia dengan membangun tempat perlindungan (ay.2). Apakah solusi mereka ini menjawab persoalan mereka? ternyata tidak. Mereka menabur namun tidak dapat menuai. Hasil tanah mereka dirampas  oleh orang Midian. Di saat orang Israel telah kehabisan kekuatan, mereka datang dan berseru kepada Tuhan (ay.6).

Kadang kalah kita seperti Orang Isreal, buat persoalan dan coba mencari jalan sendiri untuk mengatasinya. Tidak sedikit manusia akan menolak sesamanya yang telah mengabaikan peringatannya dan kembali mencarinya setelah dia berada dalam masa-masa sulit. Namun syukur kepada Allah, saat Israel kehabisan kekuatan dan berseru kepada Tuhan, Ia memberikan solusi. Tuhan memanggil dan mengangkat Gideon,  seorang yang tidak terkenal, bahkan berasal dari kaum dan suku yang kecil untuk mengerjakan pekerjaan besar yaitu untuk membebaskan bangsa Israel dari penjajahan Midian. Tentu Tuhan bisa memilih orang yang jauh lebih terkenal dan kuat dari pada Gideon. Namun Tuhan memilih orang yang jauh berbeda. Mengapa? agar bangsa Israel sadar bahwa mereka bisa diselamatkan bukan karena kegagahan manusia, namun karena kuasa Tuhan.

Jangan pernah meremehkan Firman Tuhan yang telah disampaikan. Hiduplah dalam ketaatan. Kekerasan hati kita hanya akan menyeret kita ke dalam perbuatan yang jahat. Semuanya menghasilkan upah yang harus ditanggung. Jika saat ini kita sedang berada dalam berbagai persoalan, berserulah kepada Tuhan. Jangan lagi mengandalkan kekuatan diri sendiri di dalam menyelesaikan persoalan kita. Datanglah dan berserulah kepadaTuhan, maka Ia akan menolong kita.  "Diberkatilah orang yang mengandalkan Tuhan, yang menaruh harapannya pada TUHAN!. "


0 komentar:

Posting Komentar