BAIT Ministry

Senin, 04 September 2023

Tanya Jawab : Apakah ada dua penciptaan yang berbeda pada Kejadian 1 & 2 ?



Pertanyaan :
Apakah ada dua penciptaan yang berbeda pada Kejadian 1 & 2 ?

 

Tanggapan Redaksi :

Historical Critical scholarship menganut paham bahwa ada dua cerita penciptaan.

Ada beberapa alasan mengapa mereka menyatakan bahwa penciptaan di Kejadian 1 dan 2 adalah dua cerita yang berbeda. Pertama, Kejadian 1 dan 2 memiliki environment yang berbeda. Pembukaan Kejadian 1 mencatat bahwa bumi hanya  terdiri dari air dan kegelapan sementara Kejadian 2 mencatatat  bahwa bumi sudah kering dan ada tanah yang diusahakan. Kedua, pemakaian nama Tuhan yang berbeda, Kejadian 1 menggunakan kata Elohim  sementara pasal 2 mengunakan kata YHWH Elohim. Ketiga, Cerita di Kejadian 1 berakhir dengan maka Allah melihat segala yang dijadikan-Nya itu, sungguh amat baik. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari keenam. Demikianlah diselesaikan langit dan bumi dan segala isinya. Sementara pasal 2 dimulai dengan 4 hal yang Allah belum jadikan (2:5).

 

Hisorical Biblical scholarship melihat bahwa  sebenarnya hanya ada satu cerita penciptaan. 

Sekarang yang mana yang benar, Historical Critical atau Historical Biblical (SDA)?

Mari kita lihat alasan yang diberikan oleh Historical Biblical Approach.

1.      Cerita Kejadian 1 adalah penciptaan yang berpusat pada Surga dimana manusia menjadi puncaknya sementara kejadian 2 adalah berpusat pada bumi dimana manusia menjadi focus.

2.      Sebagaimana manusia adalah pusat dari kejadian 1, maka Kejadian 2 juga menjadikan manusia menjadi pusat cerita.Tetapi ada perbedaan yang sangat significant antara Kej. 1 dan 2. Kata-kata kerja seperti bara’ – to create; asah – to make; natan- to appoint di temukan di Kejadian 2, sebaliknya kejadian 2 mengunakan kata-kata sperti, yasar- to form; nata- to plant; samah – to grow.

3.      Environment Account penciptaan di Kejadian 1 dan 2 berbeda.  Environment Kejadian 2 adalah berpusat di Taman Eden yang mana taman ini tidak diciptakan (bara-created) atau made (asah) oleh Allah sebagaimana yang terjadi di Kejadian 1 tapi di “planted” (nata) oleh Tuhan Allah sendiri.

4.      Kejadian 2 extended explanation dari cerita penciptaan di kejadian 1 dan penekanan untuk mengerti tentang cerita kejatuhan manusia di Pasal 3. Kejadian 2:4b mengatakan bahwa ada empat hal yang Allah belum ciptakan (dalam minggu penciptaan Kejadian 1), yaitu: Dua dari empat ini adalah tumbuhan, yaitu:

  1. "shrub of the field" siah hassadhe

2.    "plant of the field“ ‘esev hassadhe

Apakah ini tidak kontradiksi dengan Kej. 1:11-12 yang mengatakan bahwa Allah menciptakan Tumbuh-tumbuhan pada hari ketiga? Tidak. Alkitab Bahasa Indonesia tidak memberikan terjemahan yang baik tetapi dalam bahasa aslinya. Ibrani, dua tanaman ini adalah berbeda. Tumbuh-tumbuhan di Kejadia 1 adalah

1.      deshe (vegetation): ‘esev matsry' (seed-bearing plants) [according to its kind]

2.      tsr' `es pry asa pry (seed-bearing fruit trees) according to its kind"

Dan ini adalah makanan manusia seharusnya di Taman Eden. Sementara "shrub of the field" siah hassadhe adalah semak (thorny plant-tumbuh-tumbuhan berduri) dan ini sangat banyak di jumpai di padang dan "plant of the field“ ‘esev hassadhe adalah “plant of the field” atau tumbuhan yang dioleh oleh manusia dengan berkeringat akibat dosa dan buahnya menjadi makanannya.  

3.      Belum ada orang untuk mengusahakan tanah itu. Tuhan tidak pernah merencanakan untuk manusia untuk bekerja mengusahakan tanah. Adam dan Hawa hanya bekerja mengusahakan tanah oleh karena dosa.

4.      Belum ada Hujan. Sebelum manusia berdosa Hujan belum pernah turun. Hujan adalah berkat tapi hujan juga adalah penghukuman karena dosa.

 

Kesimpulan:

Tidak ada dua account penciptaan tapi hanya satu.

  1. Kejadian 2 adalah extended account dari Kej. 2 yang menekankan hubungan Allah dan manusia.
  2. Pengunaan nama Allah yang berbeda (Kejadian 1 Elohim dan YHWH Elohim di Kejadian 2) menunjukan bahwa Allah (Elohim) yang maha kuasa dan pencipta, Dia juga YHWH yang dekat dekan dengan turun ke dunia dan ber-fellowship dengan Manusia.
  3. Kejadian 2 tidak pernah mengklaim sebagai account penciptaan karena kata kerja yang di pake berbeda dengan kata kerja di Kejadian 1 dan tumbuh-tumbuhan di kejadian 2 adalah tumbuh-tumbuhan yang berbeda di Kejadian 1.

Hasil gambar untuk gambar penciptaan dunia


0 komentar:

Posting Komentar