BAIT Ministry

Selasa, 05 September 2023

Sekolah Untuk Kesayangan

 

Sekolah Untuk Kesayangan

Yoshen Danun


 


D

ari awal bulan Mei bahkan ada dari April setiap tahun orang tua mulai berburu sekolah untuk anak-anak yg baru lulus sesuai jenjangnya. Yang lulus SD mencari SMP, yang lulus SMP mencari SMA atau SMK dan yang lulus SMA/SMK  mencari Perguruan Tinggi bagi yang mau lanjut kuliah.

Beberapa faktor yang menjadi konsideran orang tua dalam mencari sekolah antara lain:

1.      Kwalitas.

Dilihat dari lulusannya yang dikenal berpreatasi. Orang tua juga menginginkan anak-anaknya berprestasi agar untuk lanjut ke jenjang lebih tinggi, jauh lebih mudah.

2.      Lokasi.

Salah satu pertimbangan memilih sekolah adalah jangkauan anak didik. Harus mudah dijangkau agar anak siswa tidak terlambat masuk kelas.  Selain itu anak siswa juga tidak kecapean di jalan sehingga menyebabkan tidak punyah gairah lagi belajar. Faktor ongkos ke sekolah juga jadi pertimbangan memilih lokasi yang dekat dari rumah.

3.      Spritual.

Salah satu pertimbangan orang tua memilih sekolah adalah pembinaan spritual/rohani.  Ini dikaitkan dengan iman kepercayaan keluarga. Untuk orang Kristen akan memilih sekolah berbasis Kristen. Yang beragama Katholik tentu memilih sekolah Katholik. Yang muslimpun demikian akan memilih sekolah berbasis Islam. Dan untuk orang Advent tentu akan mendahulukan sekolah yang dikelolah oleh gereja Advent, kecuali tidak ada baru memilih sekolah lain.

Hamba Tuhan Ny. Ellen G. Whilte sebagai Juru Kabar Tuhan, dalam bukunya MMA hal 291 :Pilihan Sekolah yang Menempatkan Allah sebagai Dasarnya:

§  Dalam merencanakan pendidikan untuk anak-anak di luar rumah tangga, orang tua harus menyadari bahwa tidaklah lagi aman baginya untuk mengirimkan mereka ke sekolah umum, dan harus berusaha untuk mengirimkan mereka ke seolah-sekolah dimana mereka akan memperoleh suatu pendidikan yang didasarkan pada Alkitab.

§  Di atas bahu setiap orang tua Kristen terletak satu tanggung jawab yang khitmat untuk memberikan kepada anak-anaknya suatu pendidikan yang akan menuntun mereka untuk memperoleh suatu pengetahuan tentang Tuhan……….. dan menuruti kehendak dan jalan Allah.

§  Bagi yang mereka yang hidup di kota besar, Ny. E. G. White menasihatkan dalam buku yang sama menasehatkan: •Banyak lagi hal yang dapat dilakukan untuk menyelamatkan dan mendidik anak-anak mereka yang sekarang ini tidak dapat menyingkir dari kota-kota besar.  Hal ini adalah suatu perkara yang harus diusahakan dengan sebaik-baiknya.  Sekolah-sekolah gereja harus didirikan bagi anak-anak yang ada di dalam kota-kota besar, dan sehubungan dengan sekolah-sekolah ini, persiapan harus diadakan untuk megajarkan pelajaran-pelajaran yang lebih tinggi, di tempat dimana hal seperti ini diperlukan

Bagi keluarga penulis, kami memilih sekolah yang dikelolah oleh GMAHK, walaupun di sekitar tempat tinggal ada sekolah-sekolah berprestasi, ada yang lokasi lebih dekat.  Pertimbangan utama anak-anak harus dibekali pendidikan rohani yang mumpuni, selama mereka berada di TK, SD, SMP dan SMA.  Sesudah itu kami memberikan pilihan kepada anak-anak untuk memilih Perguruan Tinggi yang mereka mau mendapat pendidikan sesua cita-cita profesi di kemudian hari.  Namun demikian PT Advent yang didahulukan.  Pemilihan PT merupakan perembukan bersama dalam keluarga.

Pendidikan yang tepat untuk anak-anak kita akan mendatangkan sukacita sesuai dengan yang disebut Raja Solaiman dalam Amsal  29:17 Didiklah anakmu, maka ia akan memberikan ketenteraman kepadamu, dan mendatangkan sukacita kepadamu.

Bagi keluarga yang sedang mencari sekolah untuk anak-anak mereka, maka penulis menganjurkan untuk memilih sekolah yang pendidikan berpusat pada Yesus Kristus.

FE 0005 10            Philosophy---The Seventh-day Adventist philosophy of education is Christ-centered.  Adventists believe that, under the guidance of the Holy Spirit, God’s character and purposes can be understood as revealed in the Bible, in Jesus Christ, and in nature.  The distinctive characteristics of Adventist education derived from the Bible and the writings of Ellen G. White point to the redemptive aim of true education: to restore human beings into the image of their Maker.

 



0 komentar:

Posting Komentar